(Sharing Soal) What, Soft skills ?

“Maaf ya telat post, saya dedikasikan ini untuk tahun 2020 hehe…”

 

Selamat liburan, rasanya seperti akhir pekan padahal masih pertengahan minggu ya. Fiuh. Si tahun 2019 udah waktunya packing pamit ke tahun 2020, yang siap nemenin kita lewatin 12 bulan ke depan. Si 19 berpesan “Kowe kudu sabar, size mu lebih gede, ati kudu sisan. Yo?”, si 20 jawab “Ei, Sekarepku wae laahh”. OK maafkan ke gabutan ini. Lanjut.

Banyak banget yang udah siapin wishlist, dari mulai gaya rambut, gaya hidup including pola makan, style minuman, tema baju, selera warna baru, impian, jodoh, hard work, travelling kemana, kembangin keahlian (Hard Skill), revisi diri. Eeeeiittsss, Revisi Diri ?

Revisi, Menurut KBBI online arti kata revisi/re·vi·si/ /révisi/ n peninjauan (pemeriksaan) kembali untuk perbaikan: sedang diri adalah  diri1/di·ri/ n 1 orang seorang. Revisi diri adalah peninjauan untuk perbaikan seseorang, disini kita orangnya kan.

Menurutku, revisi diri ini meliputi banyak hal, setidaknya yang namanya karakter/pembawaan diri/sifat/watak termasuk di dalamnya. Boleh dibilang kalau ada Hard skills yang berarti kemampuan/keahlian di dalam bidang pekerjaan/kegiatan. Soft skills adalah istilah sosiologis yang berkaitan dengan kecerdasan emosional, sifat, ketrampilan sosial, cara berkomunikasi, kebiasaan, attitude, dan optimisme yang mencirikan kemampuan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain.

Setiap orang tentunya memiliki cara masing-masing, cara ini membentuk kepribadian mereka baik hard skill ataupun soft skill. Keduanya berkaitan. Kenapa? Karena beberapa orang sukses tumbuh dengan soft skill yang mumpuni, menjadikan mereka memeiliki relasi di sana sini untuk kemajuan karir mereka. Berdiskusi, bertemu orang baru, tentu akan menarik karena jenjang karir mereka bisa jadi terletak di sana.

Tetapi ada juga nih yang sukses, karena etos kerja yang tinggi membuat orang ini berada di level yang berpengaruh pada karir mereka. Walaupun, ternyata soft skill yang dimiliki masih dalam level kurang. Kenapa? Karena pekerjaan yang dikerjakan seringkali tidak berfokus pada kerja tim, dia berkemampuan luar biasa untuk menyelesaikannya sendiri, unggul pada tiap pekerjaan yang tentunya tidak perlu diskusi banyak orang.

***

Aku pribadi punya pengalaman dengan kedua tipe di atas. Kalau ditanya, aku yang mana… terus terang aku ndak bisa jawab. hehe … Dan soal ketemu orang baru, aku tipe yang selalu mencoba memberi kesan positif ke orang lain, selebihnya ke hukum alam aja, haha. Karena tidak semua orang harus cocok berkomunikasi secara intens dengan orang lain kan. Tapi Sedih-nya, aku sering menilai kemampuan soft skill orang yang kemudian ku simpulkan sendiri.

Soft Skill is everything for me.

Soft skill itu penting, kecenderungan untuk dapat berkomunikasi dengan baik adalah cara menghargai orang lain dengan cara khas. Bagaimana kita bisa membangun hubungan baik dengan orang lain, disanalah letak kebaikan berada, tentunya dengan akal sehat ya. Nah, salah satunya dengan berkomunikasi dan memperlakukan orang lain dengan cara yang pantas.

Dalam hal pekerjaan, softskill bahkan jauh lebih penting. Ku kasih permisalan aja ya,

Atasan yang kaku dan tidak komunikatif akan dirasa kurang menghargai dan memperlakukan bawahannya, karyawan bakal ngerasa mereka sekadar di perintah namun tidak diperhatikan/dihargai, dan sangat disayangkan jika atasan hanya ditakuti namun tidak disegani.

Soft skill lebih membawa energi positif kepada orang lain, keunggulan yang terlihat dari raut wajah dan gesture dan juga bisa dirasakan saat berkomunikasi.

Aku tau sebagian orang menganggap ini sulit. Namun tidak ada orang yang tidak memiliki keduanya sama sekali, pasti punya kok. Kepribadian memiliki kecenderungan, berarti sisa dari kecenderungan adalah sisi lain yang perlu dilatih, dan di kontrol.

For me, Soft skill is the best part of human. That making all of things more enjoy, but still clearly.

source : https://www.iti.ac.id/softskill/ , pict : http://dm.greenville.edu/2019/05/soft-skills-9/

Posted in Sharing soal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *